WELCOME GUYZZZZ...

elektro - kabe hatake

Kamis, 22 April 2010

TEKNIK SORTING

SORTING

Sorting (Pengurutan) merupakan proses penyusunan atau pengurutan sekumpulan data yang acak menjadi tersusun urut. Pengurutan dapat dilakukan secara terurut naik (ascending) atau terurut turun (descending). Tujuan pengurutan adalah mendapatkan kemudahan dalam pencarian anggota dari suatu himpunan disamping dapat mempercepat mengetahui data terbesar dan terkecil. Beberapa teknik dalam Sorting :
1. Bubble Sort
Mengurutkan data dengan cara membandingkan dua data yang letaknya berdekatan. Misalnya ada susunan data berikut :

index : 0 1 2 3 4 5
----------------------------------------------
Data : 2 20 13 15 5 45

Dua data yang letaknya berdekatan, 2 dan 20 akan dibandingkan pertama kali. Hasilnya, data yang terendah akan ditaruh di index pertama. Kemudian membandingkan index ke-dua dengan ke-tiga, data yang terendah dari perbandingan itu ditaruh di index ke-dua, dan begitu seterusnya.

2. Selection Sort
Dalam teknik ini pengurutan dilakukan dengan cara mencari data terkecil atau terbesar dari index awal sampai akhir kemudian ditukar posisinya.

3. Insertion Sort (Penyisipan)
Pengurutan dengan metode penyisipan dimulai dari data kedua, kemudian disisipkan pada tempat yang sesuai. Data pada posisi pertama diandaikan memang sudah pada tempatnya. Jadi pengurutan mulai dari membanding nilai data ke-2 dengan data sebelumnya, kemudian mencari posisi yang tepat untuk disisipkan.

4. Bubble Sort. Teknik ini dilakukan degan pola membawa nilai terbesar menjadi nilai index terakhir array. jadi sistem ini melakukan pengecekan nilai 1 dengan 2, lalu 2 dengan 3 samapai dengan data terakhir, bila nilai index yang lebih kecil lebih besar maka akan dilakukan pertukaran. proses ini dilakuan hingga jumlah data - 1. listing program (open in Inrternet eplorer only)

5. modified Bubble Sort. Teknik ini dilakukan degan pola membawa nilai terbesar menjadi nilai index terakhir array. Jadi sistem ini melakukan pengecekan nilai 1 dengan 2, lalu 2 dengan 3 samapai dengan data terakhir, bila nilai index yang lebih kecil lebih besar maka akan dilakukan pertukaran. proses ini dilakuan hingga jumlah data dikurangi 1 atau sampai program tidak melakukan pertukaran. jadi waktu untuk melakukan proses sorting lebih cepat

SUMBER : http://www.scribd.com/doc/13533354/Sorting
http://alpro.awardspace.com/tehnik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar