WELCOME GUYZZZZ...

elektro - kabe hatake

Kamis, 22 April 2010

SPANNING TREE

Pandang sebuah graph sebagai berikut;



Soal diatas dapat dijawab dengan menggunakan Algoritma Kruskall seperti ditunjukkan dibawah ini :.
Edge Cost
1. ( 1,2 ) 10
2. ( 3,6 ) 15
3. ( 4,6 ) 20
4. ( 2,6 ) 25
5. ( 1,4 ) 30
6. ( 3,5 ) 35

Maka Spanning Tree- nya adalah






Sehingga total costnya ialah 105


Soal : Buatlah Minimum Spanning Tree + Total Cost !!







jawab :
Gunakan Algoritma Kruskall
Edge Cost
1. ( C,D ) 2
2. ( A,F ) 4
3. ( C,E ) 4
4. ( B,C ) 5
5. ( A,C ) 6

Maka Spanning Tree-nya adalah :






Sehingga Total Costnya adalah 21

TEKNIK SORTING

SORTING

Sorting (Pengurutan) merupakan proses penyusunan atau pengurutan sekumpulan data yang acak menjadi tersusun urut. Pengurutan dapat dilakukan secara terurut naik (ascending) atau terurut turun (descending). Tujuan pengurutan adalah mendapatkan kemudahan dalam pencarian anggota dari suatu himpunan disamping dapat mempercepat mengetahui data terbesar dan terkecil. Beberapa teknik dalam Sorting :
1. Bubble Sort
Mengurutkan data dengan cara membandingkan dua data yang letaknya berdekatan. Misalnya ada susunan data berikut :

index : 0 1 2 3 4 5
----------------------------------------------
Data : 2 20 13 15 5 45

Dua data yang letaknya berdekatan, 2 dan 20 akan dibandingkan pertama kali. Hasilnya, data yang terendah akan ditaruh di index pertama. Kemudian membandingkan index ke-dua dengan ke-tiga, data yang terendah dari perbandingan itu ditaruh di index ke-dua, dan begitu seterusnya.

2. Selection Sort
Dalam teknik ini pengurutan dilakukan dengan cara mencari data terkecil atau terbesar dari index awal sampai akhir kemudian ditukar posisinya.

3. Insertion Sort (Penyisipan)
Pengurutan dengan metode penyisipan dimulai dari data kedua, kemudian disisipkan pada tempat yang sesuai. Data pada posisi pertama diandaikan memang sudah pada tempatnya. Jadi pengurutan mulai dari membanding nilai data ke-2 dengan data sebelumnya, kemudian mencari posisi yang tepat untuk disisipkan.

4. Bubble Sort. Teknik ini dilakukan degan pola membawa nilai terbesar menjadi nilai index terakhir array. jadi sistem ini melakukan pengecekan nilai 1 dengan 2, lalu 2 dengan 3 samapai dengan data terakhir, bila nilai index yang lebih kecil lebih besar maka akan dilakukan pertukaran. proses ini dilakuan hingga jumlah data - 1. listing program (open in Inrternet eplorer only)

5. modified Bubble Sort. Teknik ini dilakukan degan pola membawa nilai terbesar menjadi nilai index terakhir array. Jadi sistem ini melakukan pengecekan nilai 1 dengan 2, lalu 2 dengan 3 samapai dengan data terakhir, bila nilai index yang lebih kecil lebih besar maka akan dilakukan pertukaran. proses ini dilakuan hingga jumlah data dikurangi 1 atau sampai program tidak melakukan pertukaran. jadi waktu untuk melakukan proses sorting lebih cepat

SUMBER : http://www.scribd.com/doc/13533354/Sorting
http://alpro.awardspace.com/tehnik.html

TEKNIK SEARCHING

Teknik Searching

Mungkin seluruh atau sebahagian dari kita selalu bergantung dengan search engine untuk mendapatkan informasi, berita, software gratis dan lain sebagainya. Tapi masih sangat sedikit yang mengerti searching yang baik. Ok mari kita mulai, bahawa dalam searching kita mengenal beberapa search engine salah satunya Google. Beberapa search engine mengenal karakter seperti +, - dan ". Tetapi masih banyak yang belum tahu mengenai karakter tersebut. Saya akan menggunakan mode Tanya jawab dalam menjelaskan hal tersebut.
Karakter Matematika.

# Tanda (+)

Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata hacking,security dan internet.

Anda dapat mengetikkan kata disearch engine : +hacking +security +internet Jika terdapat artikel yang memuat salah satu atau dua kata tersebut diatas tidak akan ditampilkan hanya artikel yang memuat tiga kata tersebut yang di tampilkan . Tanda + dibaca oleh search engine sebagai DAN symbol ini dapat dipakai sebanyak-banyaknya misalnya: +harga +komputer murah +untuk +wilayah +medan. Dan sebagai nya.

# Tanda (-)

Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata statistic penduduk kg baru kecuali lama.Ketik di search engine : +statistic +penduduk +kg baru -lama. Search engine yang bersangkutan akan mencari di internet artikel yan mengandung kata Statistik penduduk kg baru tetapi tidak terdapat kata lama. Atau seperti ini +tempat +wisata +bali -kuta. Maka search engine akan menampilkan artikel tentang tempat wisata di bali dan pada artikel tersebut tidak terdapat kata kuta. Tanda - dibaca oleh search engine sebagai KECUALI.

# Tanda (")

Ingin mencari artikel di internet yang didalamnya terdapat kata hacking dan security dan kata tersebut tidak dipisahkan oleh kata-kata yang lain. Klik di search engine : "hacking dan security" maka search engine yang bersangkuta akan mencari kata hacking dan security yang katanya tidak dipisah kan oleh kata-kata lain. Apabila ada artikel yang mengandung kata hacking dan security yang katanya dipisah kan
oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak ditampilkan oleh search engine yang bersangkutan.


Dan anda dapat juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh berikut ini: +kuliah +"ilmu komputer" -bayar

Search engine akan mencari artikel di internet yang terdapat kata kuliah ilmu komputer kata ilmu komputer tidak akan dipisah kan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan artikel tersebut bila terdapat kata bayar. Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk memisah kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akaan dibaca ATAU contoh Ketik di search engine : ilmu komputer

Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau komputer atau yang mengandung kata kedua-dua nya

Simbol Bolean

Seperti yang kita ketahui symbol bolean adalah kata-kata OR, AND dan NOT. Kita dapat menggunakan symbol tersebut dalam mencari informasi di internet.

# Bolean OR

Pada dasar nya symbol bolean OR sama seperti apabila kita menggunakan spasi contoh :
ilmu OR komputer

Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau kata komputer atau kedua-duanya.

# Bolean AND

Penggunaan bolean AND sama dengan karakter/tanda + Contioh : ilmu AND komputer

Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu komputer apabila tidak terdapat salah satu dari kata tersebut tidak akan di tampilkan.

# Bolean NOT

Penggunaan bolean NOT sama dengan tanda (- ) contoh saya akan mencari infor- masi tentang statistic penduduk di sumater tetapi tidak termasuk medan.

Ketik di sdearch engine : Statistik AND penduduk AND sumater NOT medan search engine akan menampilkan web yang berisi kata statistic penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata medan.

# Bolean NEAR

Contoh : saya ingin mencari kata ilmu komputeryang jarak antara kata tersebut berdekatan.

Ketik di search engine : ilmu NEAR komputer maka search engine akan menampilkan web yang berisi kata ilmu komputer yang jarak antara kedua kata tersebut berdekatan.

Penggunaan Bolean tersebut diatas dapat juga digabungkan contoh Saya ingin mencari definisi dari kata cinta atau kasih maka dapat di klik di search engine : definisi AND (cinta OR kasih) Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata defini cinta atau definisi kasih

Sumber : http://thalz142.blogspot.com/2006/07/teknik-search-engine.html



Searching adalah satu ketrampilan penting yang harus dikuasai oleh siapapun yang senantiasa bersinggungan dengan dunia IT. Dengan ketrampilan yang satu ini, maka pada prinsipnya apapun yang kita inginkan dari dunia maya bisa kita dapatkan. Hanya saja ketrampilan ini tidak banyak diperhatikan oleh setiap orang. Khususnya lagi oleh para mahasiswa.

Contoh yang diambil adalah menggunakan Google, karena harus diakui Google merupakan search engine yang paling banyak dipakai oleh pengguna internet. Beragam informasi dapat kita cari secara cepat dengan menggunakan google. Untuk mengoptimalkan hasil pencarian, google menyediakan beberapa option:
• Google tidak "case sensitive". Maka bila kita memasukkan Keyword: angga = surahman
• Menggunakan kata hubung AND dan OR. Secara Default Google menggunakan keyword and. Maka keyword: orang yogya sebenarnya sama dengan keyword : ‘orang’ AND ‘yogya’. Sementara kata hubung OR akan digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah satu dari keyword.
• Google umumnya akan mengabaikan pencarian dengan kata-kata umum seperti "how" dan "where". Maka jika kata-kata umum ini begitu penting, bisa ditambahkan dengan "+" didepan keyword tersebut.
Keyword: Blog how ==> Kata "how" akan diabaikan
Keyword: Blog +how ==> Kata "how" akan diikutsertakan
• Bila tidak semua informasi ingin ditampilkan, maka bisa digunakan tanda minus "-" untuk mengecualikan kata tertentu dalam pencarian. Misal keywordnya : angga – gunadarma, maka akan menghasilkan pencarian tentang angga tanpa melibatkan kata gunadarma dalam hasilnya.
• Tidak sebagaimana pencarian file dalam dekstop, maka Google tidak mendukung pencarian dengan bantuan tanda * sebagai pengganti huruf sisa. Dalam pencarian dektop, bila kita ingin mencari dengan kata depan komput*, maka akan muncul berbagai kemungkinan : komputa,komputer, dll. Namun di google hanya akan menghasilkan kata "komput". Namun demikian google mendukung penggunaan * dalam pencarian kalimat. Maka keyword: "menjadi * politisi ", hasilnya adalah pencarian "menjadi seorang politisi","menjadi muslim politisi",
• Menyortir dokumen hasil pencarian berdasar tipe filenya, gunakan perintah filetype : ekstensi file, contohnya : informatika filetype:pdf. Ekstensi file yang didukung dalam pencarian ini antara lain adalah :
o Microsoft Word Document => .doc
o Portable Document Format => .pdf
o Microsoft Power Point Slide => .pps
o Microsoft Power Point Presentation => .ppt
o Microsoft Excel => .xls
o Text Format => .txt
o Rich Text Format => .rtf
o Compiled HTML Help Modules => .chm
Contoh:
filetype:xls -> untuk mencari file MS Excel
filetype:doc -> untuk mencari file MS Word
• inurl: Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang "masuk" sebagai url. Dengan option ini Anda dapat melakukan pencarian pada pencarian folder tertentu (jika dikombinasikan dengan option "index of").
Contoh:
inurl:admin -> pencarian ini menghasilkan url website yang mempunyai kata "admin"
• site: Option ini secara spesifik digunakan untuk melakukan pencarian pada situs tertentu.
Contoh:
site:torry.net "xp style" –> mencari dengan keyword "xp style" pada situs www.torry.net
• intitle: Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title dari halaman web.
• link: Option ini digunakan untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu.
Contoh: link:delphi3000.com –> mencari situs yang mempunyai link ke www.delphi3000.com
Anda dapat mengkombinasikan berbagai option di atas untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik.
Contoh:
pdf "rapidshare.de/files" site:rapidshare.de
–> untuk mencari buku atau file pdf di rapidshare.de
+inurl:exe|rar|zip site:rapidshare.de
–> untuk mencari program, aplikasi di rapidshare.de


sumber :
• http://www.klik-kanan.com/fokus/tips-google.shtml
• http://ridwan.or.id/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=178

STRUKTUR DATA

Struktur data menyangkut susunan fisik data dalam komputer. Struktur data menyerupai beberapa bentuk teknik kom presi data
– Agar penyim panan lebih efisien
– Agar tersusun lebih terurut
– Agar data retrieval lebih efektif
Struktur data dibagi atas :
a. Struktur data linier
b. Struktur data non-linier
A. Struktur Data Linier
Struktur data linier adalah struktur data yang menggam barkan hubungan tentang elemen-elemen yang berdekatan. Terdiri dari :
ARRAY :
a. dimensi satu (vektor matriks)
b. dimensi dua (matriks)
c. multi dimensi
Array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen - komponen dengan tipe yang sama. Banyaknya komponen dalam satu larik adalah tetap dan lokasi dalam suatu larik ditunjukkan oleh suatu INDEKS. Yang penting dalam array adalah pengalam atan memori dan digunakan pengalam atau secara statik.


Karakteristik pemakaian array :
¢ jum lah elem en array terbatas
¢ sem ua elem en array bisa diakses secara acak
¢ panjang elem en sam a.
Contoh : int A[10 ];
float B [5];
Aplikasi penggunaan array diantaranya adalah
a. stack (tumpukan)
Adalah suatu list yang semua operasi penambahan (insertion) dan penghapusan (deletion) elemennya dilaksanakan pada satu ujung atas (TOP). Elemen pertama yang akan dihapus adalah elemen terakhir yang disisipkan, sehingga disebut sebagai “Last In First Out” (LIFO ).
b. queue (antrian)
Prinsip : FIFO (First In First Out) atau FCFS (First Com e First Serve), yang lebih awal masuk akan dilayani terlebih dahulu .
c. deque (antrian dengan 2 pintu)
¢ LINKED LIST (LIST BERKAIT ) :
a. linear singly linked list
b. linear doubly linked list
c. circular singly linked list
d. circular doubly linked list
Aplikasi linked list pada struktur data linier diantaranya :
a. linked stack
b. linked queue
Sedang multi linked list banyak digunakan pada struktur data non-linier yaitu untuk representasi tree maupun graph.
PENGELOLAAN MEMORI
Dapat secara STATIS atau DINAMIS.
a. Secara STATIS : menem pati lokasi memori yang tetap (fixed size),tidak dapat dikembangkan atau diciutkan.
Misal : array
alamat memori menjadi kunci array
b. Secara DINAMIS : menem pati lokasi memori dimana dapat dikem bangkan atau diciutkan sesuai dengan kebutuhan. Pengelolaan alamat dinamis (dynamic address) ditunjukkan oleh pointer.
B Struktur Data non- Linier
Terdiri dari :
¢ Struktur pohon
Definisi Pohon adalah : susunan dari satu atau lebih simpul (node) yang terdiri dari satu simpul khusus yang disebut akar (root) sedang sisanya membentuk subtree dari akar.


DERAJAT (DEGREE) SUATU POHON : adalah derajat maksimum dari suatu simpul dalam pohon.
NENEK MOYANG DARI SUATU SIMPUL ADALAH : adalah seluruh simpul – simpul yang ada sepanjang lintasan dari akar sampai simpul tersebut.
KEDALAM AN (HEIGHT atau DEPTH ) : dari suatu pohon ditentukan oleh level maksimum dari simpul dalam pohon.
HUTAN (FOREST) : adalah susunan dari beberapa pohon .
Ada 2 cara untuk menyatakan struktur pohon,yaitu dengan :
1. gambar
2. daftar (list)
¢ Graph
Dinyatakan dalam suatu fungsi G = (V , E ) dim ana
V = kum pulan sim pul/ vertex/ node
E = kum pulan busur / edge/ arc
Tiap busur pasti menghubungkan 2 simpul. Ada 2 macam graph
1. Graph tak terarah (Undirected graph)
2. Graph terarah (Directed graph)
Referensi :
http://www.unsri.ac.id/fasilkom/old_version/dosen/jaidan/materi/Bahan%20Kuliah%20Struktur%20Data.pdf
http://lecturer.eepis-its.edu/~arna/GIS/04%20-%20Tipe%20Data%20dan%20Struktur%20Data.pdf
http://webdosen.bl.ac.id/dosen/930011/Kuliah/strdata.PDF

bahasa pemrograman

Secara Umum terdapat 4 kelompok bahasa pemrograman yaitu :
1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Dephi, Visual C)
2. high level (Seperti Pascal dan Basic),
3. middle level (Seperti Bahasa C), dan
4. low level (Seperti Bahasa Assembly).

a.Delphi
Borland Delphi atau biasa disebut Delphi saja, merupakan sarana pemrograman aplikasi visual. Bahaa pemrograman yang disunakan adalah bahasa pemrograman Pascal atau yang kemudian disebut bahsa pemrograman Delphi. Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal. Turbo Pascal yang diluncurkan pada tahun 1983 dirancang untuk dijalankan pada sistem operasi DOS ( yang merupakan sistem operasi yang paling banyak disunakan pada saat itu ). Sedangkan Delphi yang diluncurkan pertama kali tahun 1995 dirancang untuk beroperasi dibawah sistem operasi Windows.
Borland Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang semenjak diluncurkan pertama kali langsung dilirik dan diminati oleh para programmer komputer. Hal ini disebabakan karena Delphi menyediakan fasilitas untuk pembuatan aplikasi dengan antarmuka visual secara mudah dan dapat memberikan hasil yang memuaskan.
Pada Delphi terdapat 2 macam struktur yaitu struktur projrk dan struktur unit program Delphi.
Struktur Projek
Pada suatu projek yang anada bangun, terdapat sebuah file program utama yang berisi kode program untuk pengelolaan unit – unit. Kode program utama ini biasa juga disebut kode projek dan disimpan dalam file berekstensi .DPR.

Struktur Unit
Sebuah unit berisitipe-tipe, konstanmta-konstanta, variabel dan rutin (fungsi dari prosedur). Setiap unit didefinisikan dalaqm file .PAS yang menangani unit tersebut.

Kelebihan :

1). Sifatnya freeware
2). Dikembangkan dengan bahasa Pascal, sehingga pagi pengguna yang terbiasa dengan dasar pemrograman turbo Pascal akan lebih familiar.
3). Komponen yang disediakan sudah cukup lengkap tanpa harus add component dari sumber lain.
4). Dokumentasi cukup lengkap.
Kelemahan :
1). Pengguna yang tidak memiliki dasar pemrograman dengan bahasa Pascal akan mengalami kesulitan untuk pertama kalinya.
2). Setiap komponen yang dimasukkan dalam form tampilan, akan diikutsertakan kode deklarasi dan inisialisasinya dalam list code. Sehingga apabila terjadi perubahan komponen, penamaan maupun kesalahan penulisan kode, program tidak mau membetulkan otomatis.
3). Apabila terdapat form/list code lain yang di-include-kan, harus dituliskan code/nama dari form/lost code di bagian “uses” dan juga inisialisasi variablenya.


b.Bahasa C

Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1972-an di Bell Telephone Laboratories Inc.( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).

Kelebihan Bahasa C :

Beberapa alasan mengapa bahasa C banyak digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Bahasa C tersedia hampir di semua jenis komputer

2. Kode bahasa C sifatnya adalah portabel
Aplikasi yang ditulis dengan bahasa C untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan di komputer lain hanya dengan sedikit modifikasi.
3. Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci

4. Proses executable program bahasa C lebih cepat

5. Dukungan pustaka yang banyak
Keandalan bahasa C dicapai dengan adanya fungsi-fungsi pustaka.
6. C adalah bahasa yang terstruktur

Bahasa C mempunyai struktur yang baik sehingga mudah untuk dipahami. C mempunyai
fungsi-fungsi sebagai program bagiannya.
7. Selain bahasa tingkat tinggi, C juga dianggap sebagai bahasa tingkat menengah.

Bahasa C mampu menggabungkan kemampuan bahasa tingkat tingkat tinggi dengan bahasa tingkat tingkat rendah.
8. Bahasa C adalah kompiler

Karena C sifatnya adalah kompiler, maka akan menghasilkan executable program yang banyak dibutuhkan oleh program-program komersial.

Selain alasan tersebut ada beberapa alasan lain mengapa menggunakan bahasa C, yaitu:

a. C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi.
Program C yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C.


b. C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikit.
Kata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan bahasa tingkat rendah. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C yang sangat cepat.

Adapun kekurangan yang biasa di Bahasa C antara lain :

1. Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.

2. Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.

Struktur Program Bahasa C adalah :

Main ()


{


Statemen_1;


Statemen_2;


…… FungsiUtama


Statemen_n;


}

____________________________


Fungsi_lain()


{

Stetemen_stetemen; Fungsi_fungsi lain yang ditulis oleh pemrograman komputer

}



Struktur Program C Prepocessor Directive


#include ---------------------- > Prepocesor directive


Fungsi_lain ( ) ; ---------------------- > Prototype fungsi lain


Main ( )

{

//statemen; ---------------------- > Fungsi Utama

}


___________________

Fungsi_lain ( )
{
//statemen; ----------------------- > Fungsi Lain
}


Keterangan :
1. Dimulai dari tanda { hingga tanda } disebut tubuh fungsi / blok.

2. Tanda ( ) digunakan untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang dilewatkan ke fungsi.
Pada fungsi main( ) tidak ada argumen yang diberikan, maka tidak ada entri di dalam ( ).

3. Kata void menyatakan bahwa fungsi ini tidak memiliki nilai balik.

4. Tanda { menyatakan awal eksekusi program dan tanda } menyatakan akhir eksekusi program.

5. Didalam tanda { } bisa tergantung sejumlah unit yang disebut pernyataan (statemen).
Umumnya pernyataan berupa instruksi untuk :

a. Memerintah komputer melakukan proses menampilkan string ke layar.
b. Menghitung operasi matematika.
c. Membaca data dari keyboard.
d. dll.

c.Visual Basic

Visual Basic 6 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang banyak diminati oleh orang. Di sini Visual Basic 6 menawarkan kemudahan dalam pembuatan aplikasi dan dapat menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan. Untuk memulai Visual Basic 6 anda perlu menginstall Visual Basic 6.0. Program ini biasanya dalam satu paket dengan Visual Studio 6.0. Dengan menggunakan Visual Basic 6 kita bisa menghasilkan berbagai macam jenis program. Dari aplikasi yang mengintegrasikan database, jaringan, office automation, dan web application.


Keuntungan Visual basic:
- Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan jika kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.

- Karena Visual basic sangat populer, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kita gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web site dll

- Kita bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kita dalam pemrograman.

Kekurangan Visual basic:
- Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan.

- Lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.

d.Pascal
- Dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerlandtahun 1971.

-Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17).

-Pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60).

-Memiliki beberapa versi, seperti : Turbo Pascal, Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal,UCSD (University of California at San Diego Pascal), dll.

-Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K. Jensen.

-Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan terstruktur (Structured Programming language).


Bahasa Pascal, secara garis besar mempunyai struktur sebagai berikut :

1. Judul program,
2. Blok program yang terdiri dari :
a. Bagian deklarasi, meliputi :
- deklarasi label,
- deklarasi konstanta,
- deklarasi tipe,
- deklarasi variabel,
- deklarasi prosedur dan/atau fungsi.
b. Bagian pernyataan, berisi perintah-perintah.
Latihan Pascal : Perulangan dan Seleksi Kondisi I – 2

Untuk lebih jelas memahami struktur program Pascal, perhatikan contoh program
berikut ini :

program Struktur_Pascal; { judul program }


label { deklarasi label }


ulang;


const { deklarasi konstanta }


bahasa = 'Pascal';


versi = 1.9;


type { deklarasi tipe }


tipeku = integer;


var { deklarasi variabel }


A : tipeku;


procedure Tulis; { deklarasi prosedur }


begin


Writeln('Latihan Pascal 1: Perulangan dan Seleksi Kondisi');


Writeln('------------------------------------------------');


Writeln;


Writeln('Halo,saya sedang belajar bahasa ',bahasa,' versi ',versi);


end;


begin { bagian pernyataan }


Tulis;


Readln;


end.

Kelebihan :

Bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) yang cukup populer, khususnya di Indonesia. Hal ini disebabkan bahasa Pascal lebih mudah dipahami dibanding bahasa pemrograman lainnya, seperti bahasa C, bahasa assembler, dan lain sebagainya. Selain itu, bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman yang terstruktur dan lebih mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga sangat cocok diterapkan dalam dunia pendidikan.

Kekurangan:

Tidak fleksibel penggunaannya.


Bahasa Pemrograman Dibawah ini biasa digunakan untuk pemrograman Web :

d.HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

e.PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

f.ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

g.XML

Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

h.WML

WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

i.PERL

Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

j.CFM

CFM dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.

k.JAVA

Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:

• Programming-language specification
• Application-programming interface
• Virtual-machine specification

Bahasa Java dapat dikategorikan sebagai sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithrreaded . Objek Java dispesifikasi dengan membentuk kelas. Untuk masing-masing kelas Java, kompiler Java memproduksi sebuah file keluaran arsitektur netral yang akan jalan pada berbagai implementasi dari Java Virtual Machine (JVM). Awalnya Java sangat digemari oleh komunitas pemrograman internet, karena Java mendukung untuk applets , dimana program dengan akses sumber daya terbatas yang jalan dalam sebuah web browser. Java juga menyediakan dukungan level tinggi untuk networking dan objek terdistribusi. Java juga dianggap sebagai sebuah bahasa yang aman. Tampilan ini pada khususnya penting menganggap bahwa sebuah program Java boleh mengeksekusi silang sebuah jaringan terdistribusi. Sehingga bahasa Java saat ini termasuk bahasa pemrograman yang relatif mudah untuk dipelajari karena banyaknya contoh dan konsep yang beredar luas, baik berupa buku maupun di internet. Tetapi program yang dibuat dalam bahasa Java juga relatif lebih banyak membutuhkan waktu saat di eksekusi (lebih lama) dikarenakan untuk menjalankan
programnya dibutuhkan JVM (perantara antar program dan sistem operasi).

l.CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Referensi :
http://www.ruzman.co.tv/2009/06/macam-macam-bahasa-pemrograman.html


http://www.bankriau.co.id/forum/viewtopic.php?p=1214


poss.ipb.ac.id/.../JENI-Intro1-Bab02-Pengenalan%20Bahasa%20JAVA.pdf


bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/.../04._Bahasa_Java-1.pdf


http://mahdiannoor.student.umm.ac.id/2010/01/23/pemrograman-dengan-java/


http://www.findtoyou.com/ebook/cara+penggunaan+turbo+c.html

http://www.findtoyou.com/ebook/download-visual+basic-515129.html


http://prothelon.com/mambo/dasar-dasar-vb-1-apa-itu-vb-visual-basic- .html


http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091208040923AAoJwuL


Pemrograman Borland Delphi 7.0, Penerbit Andi Wahana Komputer


http://mic.ac.id/artikel/pascal_D3.pdf


http://sman1bukittinggi.sch.id/download/latihan_fpc.pdf


http://download.evopage.com/vb6/Visual%20Basic

INDUKSI MATEMATIKA

Induksi matematika merupakan pembuktian deduktif, meski namanya induksi. Induksi matematika atau disebut juga induksi lengkap sering dipergunakan untuk pernyataan-pernyataan yang menyangkut bilangan-bilangan asli.
Pembuktian cara induksi matematika ingin membuktikan bahwa teori atau sifat itu benar untuk semua bilangan asli atau semua bilangan dalam himpunan bagiannya. Caranya ialah dengan menunjukkan bahwa sifat itu benar untuk n = 1 (atau S(1) adalah benar), kemudian ditunjukkan bahwa bila sifat itu benar untuk n = k (bila S(k) benar) menyebabkan sifat itu benar untuk n = k + 1 (atau S (k + 1) benar).

1. Basis Step --> S (1 ) = benar
2. Inductive Step --> S ( k ) = S ( k + 1 ) = benar
3. Conclusion

Contoh :

A. 2 pangkat (3n) – 1 habis dibagi 7 untuk semua bilangan bulat n ≥ 1

Jawab : 1. Basis Step

s ( 1 ) = benar
s ( n ) = s ( 1 )
n = 1
maka 2 pangkat (3n) – 1 = 2 pangkat (3) – 1 = 7 habis dibagi 7

2. Inductive Step

s ( k ) = benar
s ( n ) = s ( k )
n = k
--> 2 pangkat (3n) – 1 = 2 pangkat (3k) – 1 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . (1)

s ( k + 1) = benar
s ( n ) = s ( k + 1 )
n = k + 1
-->2 pangkat (3n) – 1 = 2 pangkat [3( k + 1 )] – 1 = 2 pangkat [3k+3] – 1
=2 pangkat [3k] . 2 pangkat [3]– 1 = 8. 2 pangkat [3k] – 1 . . . . . . . . . . . . .(2)
=7 . 2 pangkat [3k] + 2 pangkat [3k] – 1 habis dibagi 7

Maka s ( k ) = s ( k + 1 ) benar


SOAL :

1. 4 pangkat [n] – 1 habis dibagi 3 untuk setiap bilangan bulat positif n ≥ 1

Jawab : 1. Basis Step

s ( 1 ) = benar
s ( n ) = s ( 1 )
n = 1
maka 4 pangkat [n] – 1 = 4 pangkat [1] – 1 = 3 habis dibagi 3

2. Inductive Step

s ( k ) = benar
s ( n ) = s ( k )
n = k
4 pangkat [n] – 1 = 4 pangkat [k] – 1 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . (1)

s ( k + 1) = benar
s ( n ) = s ( k + 1 )
n = k + 1
-->4 pangkat [n] – 1 = 4 pangkat [(k + 1 )] – 1 = 4 pangkat [k] . 4 – 1
= 4 . 4 pangkat [k] – 1. . . . . . . . . . . . .(2)
= 3 . 4 pangkat [k] + 4 pangkat [k] – 1 habis dibagi 3

Maka s ( k ) = s ( k + 1 ) benar


Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Induksi_matematika